Minggu, 26 Agustus 2012

Profil SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta



footsal.jpgSelanjutnyasetelah Indonesia lepas dari Belanda didirikanlah SMP putri Muhammadiyah Yogyakarta (SMPPM) pada tanggal 1 April 1943 dengan Kepala Sekolah Bapak H.Malikus Suparto. Pada saat itulah secara resmi sebagai hari jadi SMP Muhammadiyah Putri yang setiap tahun selalu diperingati.

Periode Pimpinan Bapak. Dalhar BKN ( 1944 – 1947)
Dalam Periode ini SMPPM semakin berprestasi. Hal ini ditandai dengan mendapat kepercayaan oleh Inspeksi SMP Jawa tengan dan mendapat subsidi penuh dari pemerintah.

Periode Kepemimpinan Bapak H. Abdulgani Dwijosuparto (1947 –
1955)

Terpilihnya estafet kepemimpinan kepada Bapak H. Abdulgani Dwijosuparto karena beliau seorang mubaligh Muhammadiyah dan memiliki latar belakang pendidikan yang memadai.

Periode pimpinan Bapak R. Soeyono Soemodinoto (1955 – 1970)

Pada periode ini yang menonjol dengan ditegakkanya disiplin baik siswa, guru, dan karyawan. Pada masa ini pula mulai adanya regu drumb band yang selalu eksis dalam setiap kesempatan. Setiap tahun siswa selalu mengikuti Ujian Negara dengan hasil yang memuaskan.

Periode Ibu Badriyah Solihin ( 1970 – 1981)
Prestasi yang menonjol yaitu terjalinya hubungan kerjasama dengan wali murid. Maka pada tahun 1971 dibentukklah IKWAM (Ikatan Wali Murid Muhammadiyah), yang sekarang disebut BP3 atau Komite Sekolah. Pada
Saat itu diketuai oleh Bapak H.Amin Syahri / Bpk H. Thirus. Beliau berjasa mengembalikan Paviliun Jl. Sultan Agung No.14 ke Muhammadiyah.

Periode Bapak H.Ali Arifin (1981 – 2002)
Pada masa kepemimpinan beliau, upaya pemindahan pergedungan dari Jl. Sultan Agung ke Jl. Kapas dapat terlaksana pada tahun 1984. Selanjutnya pada pada masa kepemimpinannya selama 21 tahun SMP Muhammadiyah 2 Putri dapat kita catat beberapa hal penting, antara lain;

Adanya pembenahan SDM, sarana dan prasarana pendidikan, system evaluasi pengajaran dan telah mencapai prestasi yang menggembirakan. Dalam mengikuti EBTANAS, prestasi yang siswi-siswi SMP Muhammadiyah 2
Putri dapat memperoleh NEM yangsangat memuaskan dan dapat bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Alumninya tersebar di sekolah-sekolah favorit baik negeri maupun swasta.

Dalam kegiatan ekstra kurikuler seperti Tonti, Drumband, Mading, Qiro’ah, PMR, Bahas Inggris, Karya Tulis, Kliping, Mengarang, dapat menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dan mendapat juaran baik tingkat propinsi maupun nasional.

Prestasi lain yang diraih adalah dengan dikrimnya guru maupun siswa ke luar negeri, yaitu;

Bapak H.M. Albani ke Jepang.
Bapak H.A. Farouk ke Afrika dan Timur Tengah
Bapak Sunaryo, Ibu Sukabdillah dan 2 orang siswa ke Australia.

SLTP muhammadiyah 2 Yogyakarta yang sekarang beralamat di Jl. Kapas II/7A Telp. 564136 Kecamatan Umbulharjo dalam mengembangkan pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan mulai tahun Ajaran 2003 / 2004 membuka kelas Akselerasi dan Siswa putra dan putri.

Periode Bp. Sadijo, B.A. (15 Oktober 2002 – September 2003) 

Pada masa Bapak Sadijo, B.A sebagai PLH mendaoat tugas yang sangat berat disamping menyelesaikan pembangunan gedung juga adanya kelas Akselerasi. Tigas berat yang tidak kalah pentingnya adalah
menghantarkan SLTP Muhammadiyah 2 agar tetap memiliki keunggulan baik akademis maupun non akademis, apalagi pada masa itu era kompetisi dan globalisasi mulai berkembang dengan pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar