Di masa yang akan datang SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah Sekolah yang " TERBENTUKNYA MANUSIA MUSLIM YANG DISIPLIN, CERDAS, TERAMPIL, BERIMTAQ DAN BERWAWASAN IPTEK”
Visi sekolah tersebut tergambar di dalam indikator - indikator sebagai berikut :
- Unggul dalam Peningkatan dan Pengembangan Isi Kurikulum
- Unggul dalam peningkatan dan pengembangan tenaga Pendidik dan tenaga Kependidikan .
- Unggul dalam peningkatan standar proses pembelajaran
- Unggul dalam peningkatan dan pengembangan fasilitas pendidikan.
- Unggul dalam peningkatan standar kelulusan dengan sub indikator
- Unggul dalam peningkatan mutu Pengelolaan Kelembagaan dan Manajemen.
- Unggul dalam pengembangan standar pembiayaan pendidikan
- Unggul dalam standar penilain yang akurat, valid dan reliable
Misi Sekolah
Untuk mewujudkan visi sekolah
sebagaimana terurai di atas, maka SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta
mempunyai misi-misi sebagai berikut :
- Mengembangkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran dan bimbingan
- Meningkatkan penguasaan dan profesional guru dalam melaksanakan manjemen pembelajaran efektif.
- Melaksanakan berbagai pelatihan guru dengan nuansa ”achivement motivation training”.
- Meningkatkan penguasaan pendekatan pembelajaran dengan contectual teaching and learning.
- Membiasakan siswa dan guru untuk memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi ( komputer dan internet ) sebagai salah satu media dan sumber belajar.
- Mengembangkan multi metoda dan strategi pembelajaran aktif untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan ( Joyful Learning ).
- Mendorong tumbuhnya minat menulis di kalangan siswa dan guru.
- Mengembangkan minat baca dan berdiskusi di kalangan siswa melalui fungsi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar secara optimal.
- Mengembangkan program yang memungkinkan guru dan siswa melakukan pengembangan kreatifitas.
- Mengembangkan pelayanan dan fungsi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar secara optimal.
- Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa dapat mengembangan kompetensinya (hasil belajarnya) secara optimal.
- Membantu setiap siswa untuk mengenali potensinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal .
- Mengembangkan jaringan informasi akademik di lingkungan (internal) sekolah
- Mengimplementasikan model manajemen partisipatorik melalui langkah-langkah yang jelas dalam perencanaan, penorganisasian, pelaksanaan dan control terhadap program yang dikembangkan
- Mengembangkan dan melengkapi administrasi sekolah
- Meningkatkan Kompetensi Guru dan TU sehingga mampu memberikan pelayanan kontribusi yang optimal bagi pencapaian tujuan sekolah
- Melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja guru dan TU secara berkala dan periodik
- Melaksanakan supervisi klinis secara periodik dan konstruktif
- Menggalang berbagai sumber dana dan melalui jalinan kerjasama dengan Komite Sekolah, perorangan, lembaga lain yang dapat menjadi penyandang dana
- Mengembangkan perangkat model-model penilaian pembelajaran
- Mengimplementasikan model-model dan jenis evaluasi pembelajaran secara efektif
- Mengembangkan instrumen dan perangkat test untuk berbagai model evaluasi
- Menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat dan kompleksitas permasalahan anak
- Mengembangkan metode dan strategi pembelajaran untuk semua mata pelajaran
- Mengembangkan strategi penilaian dan tindak lanjut hasil penilaian yang konstruktif
- Mengembangkan sumber dan bahan ajar yang kontributif bagi pencapaian kompetensi siswa
- Meningkatkan dan mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran
- Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan siswa
- Mengembangkan sarana yang dapat menunjang kreativitas siswa sesuai dengan bakat dan minatnya
Tujuan :
- Tahun 2012 siswa memiliki kompetensi penguasaan konsep untuk seluruh mata pelajaran secara komprehensif dan benar sehingga mampu berkompetisi ditingkat nasional dan tahun 2012 mampu berkompetisi di tingkat internasional
- Tahun 2012 siswa mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas
- Tahun 2012 siswa mampu membangun kebiasaan yang aktif untuk mencari informasi menggunakan teknologi informasi.
- Tahun 2012 sekolah memiliki sarana dan prasarana penunjang PBM yang lengkap.
- Tahun 2012 sekolah memiliki guru dan tenaga pendukung yang handal untuk mendukung seluruh manajemen sekolah.
- Sekolah memiliki hubungan kemitraan yang baik dengan seluruh warga sekolah, stake holders dan instansi serta institusi pendukung pendidikan lainnya.
- Siswa memiliki, mengaplikasikan dan meningkatkan nilai-nilai ketuhanan serta nilai-nilai kehidupan yang bersifat universal dalam kehidupannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar