Selasa, 28 Agustus 2012

PEMBUKAAN


HALLO PARA MOECHILD, SAYA SALAH SATU MURID SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKATA YANG INGIN MEMBAGI CERITA MOECHID DISINI, YANG PUNYA INFO LEBIH BANYAK, PLEASE COMMENT YA...

Senin, 27 Agustus 2012

Komite Sekolah.

Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.
Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula.Tautan di bawah ini disajikan tentang apa itu Komite Sekolah, bagaimana proses pembentukan pengurus Komite Sekolah, bagaimana mengelola Komite Sekolah, mengapa Komite Sekolah perlu direvitalisasi. Tulisan ini diperoleh dari berbagai sumber. diantaranya dari Depdiknas, dan Drs. Suparlan, M.Ed. dari Tim Pengembangan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Minggu, 26 Agustus 2012

Prestasi Guru

  • Inovasi Pembelajaran 2001 IV V Depdiknas
  • Keratifitas mengajar 2002 II V LIPI
  • Lomba Keberhasilan Guru dalam pembelajaran 2002 IV V Depdiknas
  • Lomba Keberhasilan Guru dalam pembelajaran 2003 Harapan III V Depdiknas
  • Sutarto Wasit Terbaik 2004 3 V KONI DKI
  • Sugeng S. Lomba Keberhasilan Guru dalam pembelajaran 2003 Finalis V Depdiknas
  • Sugeng S. Guru Berprestasi SMP / MTs 2004 III V Dinas P & K Prop. Jawa Barat
  • Sugeng S. Guru Teladan 2004 I V Dinas P & K Kabupaten Sukabumi
  • Bahar S. Lomba Keberhasilan Guru dalam pembelajaran 2005 Finalis V JSIT
  • Bahar S. Lomba Inovasi pembelajaran SMP 2006 III Balitbang Non Depdiknas
  • Bahar S. Guru Berprestasi SMP 2007 V Dinas P & K Kabupaten
  • Bahar S. Lomba Keberhasilan Guru dalam pembelajaran 2007 Finalis V Depdiknas
  • Bahar S. Konferensi Guru Indonesia 2006 Pemakalah Terpilih V Sampurna Foundation Provisi Education
  • Bahar S. juara III,Lomba Guru Kreatif III se Jawa 2008,diselenggarakan di Semarang


Pesantren Ramadhan 1433 H

Alhamdulillah, selesai juga Pesantren Ramadhan 1433 H. pelaksanaan pesantren ini memang terbilang sebentar. Bagaimana tidak, selama seminggu, sekolah ingin menggilir murid muridnya dari kelas 7 pria dan wanita sampai kelas 9 pria wanita, kira-kira ada 6 hari. Itu pas dengan seminggu penuh. Itu sebabnya kenapa begitu. Walaupun begitu, murid-murid tetap senang. jadwal kegiatannya adalah : 
  1. Praktek sholat.
  2. Ceramah.
  3. Berbuka minum.
  4. Sholat Maghrib.
  5. Buka Bersama.
  6. Tadarus.
  7. Sholat Isya.
  8. Sholat Tarawih.
  9. Pulang.
Berikut Gambarnya :


Profil SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta



footsal.jpgSelanjutnyasetelah Indonesia lepas dari Belanda didirikanlah SMP putri Muhammadiyah Yogyakarta (SMPPM) pada tanggal 1 April 1943 dengan Kepala Sekolah Bapak H.Malikus Suparto. Pada saat itulah secara resmi sebagai hari jadi SMP Muhammadiyah Putri yang setiap tahun selalu diperingati.

Periode Pimpinan Bapak. Dalhar BKN ( 1944 – 1947)
Dalam Periode ini SMPPM semakin berprestasi. Hal ini ditandai dengan mendapat kepercayaan oleh Inspeksi SMP Jawa tengan dan mendapat subsidi penuh dari pemerintah.

Periode Kepemimpinan Bapak H. Abdulgani Dwijosuparto (1947 –
1955)

Terpilihnya estafet kepemimpinan kepada Bapak H. Abdulgani Dwijosuparto karena beliau seorang mubaligh Muhammadiyah dan memiliki latar belakang pendidikan yang memadai.

Periode pimpinan Bapak R. Soeyono Soemodinoto (1955 – 1970)

Pada periode ini yang menonjol dengan ditegakkanya disiplin baik siswa, guru, dan karyawan. Pada masa ini pula mulai adanya regu drumb band yang selalu eksis dalam setiap kesempatan. Setiap tahun siswa selalu mengikuti Ujian Negara dengan hasil yang memuaskan.

Periode Ibu Badriyah Solihin ( 1970 – 1981)
Prestasi yang menonjol yaitu terjalinya hubungan kerjasama dengan wali murid. Maka pada tahun 1971 dibentukklah IKWAM (Ikatan Wali Murid Muhammadiyah), yang sekarang disebut BP3 atau Komite Sekolah. Pada
Saat itu diketuai oleh Bapak H.Amin Syahri / Bpk H. Thirus. Beliau berjasa mengembalikan Paviliun Jl. Sultan Agung No.14 ke Muhammadiyah.

Periode Bapak H.Ali Arifin (1981 – 2002)
Pada masa kepemimpinan beliau, upaya pemindahan pergedungan dari Jl. Sultan Agung ke Jl. Kapas dapat terlaksana pada tahun 1984. Selanjutnya pada pada masa kepemimpinannya selama 21 tahun SMP Muhammadiyah 2 Putri dapat kita catat beberapa hal penting, antara lain;

Adanya pembenahan SDM, sarana dan prasarana pendidikan, system evaluasi pengajaran dan telah mencapai prestasi yang menggembirakan. Dalam mengikuti EBTANAS, prestasi yang siswi-siswi SMP Muhammadiyah 2
Putri dapat memperoleh NEM yangsangat memuaskan dan dapat bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Alumninya tersebar di sekolah-sekolah favorit baik negeri maupun swasta.

Dalam kegiatan ekstra kurikuler seperti Tonti, Drumband, Mading, Qiro’ah, PMR, Bahas Inggris, Karya Tulis, Kliping, Mengarang, dapat menunjukkan hasil yang cukup memuaskan dan mendapat juaran baik tingkat propinsi maupun nasional.

Prestasi lain yang diraih adalah dengan dikrimnya guru maupun siswa ke luar negeri, yaitu;

Bapak H.M. Albani ke Jepang.
Bapak H.A. Farouk ke Afrika dan Timur Tengah
Bapak Sunaryo, Ibu Sukabdillah dan 2 orang siswa ke Australia.

SLTP muhammadiyah 2 Yogyakarta yang sekarang beralamat di Jl. Kapas II/7A Telp. 564136 Kecamatan Umbulharjo dalam mengembangkan pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan mulai tahun Ajaran 2003 / 2004 membuka kelas Akselerasi dan Siswa putra dan putri.

Periode Bp. Sadijo, B.A. (15 Oktober 2002 – September 2003) 

Pada masa Bapak Sadijo, B.A sebagai PLH mendaoat tugas yang sangat berat disamping menyelesaikan pembangunan gedung juga adanya kelas Akselerasi. Tigas berat yang tidak kalah pentingnya adalah
menghantarkan SLTP Muhammadiyah 2 agar tetap memiliki keunggulan baik akademis maupun non akademis, apalagi pada masa itu era kompetisi dan globalisasi mulai berkembang dengan pesat.

Visi dan Misi

Di masa yang akan datang  SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta adalah Sekolah yang " TERBENTUKNYA MANUSIA MUSLIM YANG DISIPLIN, CERDAS, TERAMPIL, BERIMTAQ DAN BERWAWASAN IPTEK”
Visi sekolah tersebut tergambar di dalam indikator  - indikator sebagai berikut :
  1. Unggul dalam Peningkatan dan Pengembangan Isi  Kurikulum
  2. Unggul dalam peningkatan dan pengembangan tenaga Pendidik dan tenaga Kependidikan .
  3. Unggul dalam peningkatan standar proses pembelajaran
  4. Unggul dalam peningkatan dan  pengembangan fasilitas pendidikan.
  5. Unggul dalam peningkatan standar kelulusan dengan sub indikator
  6. Unggul dalam peningkatan mutu Pengelolaan Kelembagaan dan Manajemen.
  7. Unggul dalam pengembangan standar pembiayaan pendidikan
  8. Unggul dalam  standar penilain yang akurat, valid dan reliable

Misi Sekolah
Untuk mewujudkan visi sekolah sebagaimana terurai di atas, maka SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta  mempunyai misi-misi sebagai berikut :
  1. Mengembangkan profesionalisme guru dalam proses pembelajaran dan bimbingan
  2. Meningkatkan penguasaan dan profesional guru dalam melaksanakan manjemen pembelajaran efektif.
  3. Melaksanakan berbagai pelatihan guru dengan nuansa ”achivement motivation training”.
  4. Meningkatkan penguasaan pendekatan pembelajaran dengan contectual teaching and learning.
  5. Membiasakan siswa dan guru untuk memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi ( komputer dan internet ) sebagai salah satu media dan sumber belajar.
  6. Mengembangkan multi metoda dan strategi pembelajaran aktif untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan ( Joyful Learning ).
  7. Mendorong tumbuhnya minat menulis di kalangan siswa dan guru.
  8. Mengembangkan minat baca dan berdiskusi di kalangan siswa melalui  fungsi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar secara optimal.
  9. Mengembangkan program yang memungkinkan guru dan siswa melakukan pengembangan kreatifitas.
  10. Mengembangkan pelayanan dan fungsi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar secara optimal.
  11. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa dapat mengembangan kompetensinya (hasil belajarnya) secara optimal.
  12. Membantu setiap siswa untuk mengenali potensinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal .
  13. Mengembangkan jaringan informasi akademik di lingkungan (internal) sekolah
  14. Mengimplementasikan model manajemen partisipatorik melalui langkah-langkah yang jelas dalam perencanaan, penorganisasian, pelaksanaan dan control terhadap program yang dikembangkan
  15. Mengembangkan dan melengkapi administrasi sekolah
  16. Meningkatkan Kompetensi  Guru dan TU sehingga mampu memberikan pelayanan  kontribusi yang optimal bagi pencapaian tujuan sekolah
  17. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kinerja guru dan TU secara berkala dan periodik
  18. Melaksanakan supervisi klinis secara periodik dan konstruktif
  19. Menggalang berbagai sumber dana dan melalui jalinan kerjasama dengan Komite Sekolah, perorangan, lembaga lain  yang dapat menjadi penyandang dana
  20. Mengembangkan perangkat model-model penilaian pembelajaran
  21. Mengimplementasikan model-model dan jenis evaluasi pembelajaran secara efektif
  22. Mengembangkan instrumen dan perangkat test untuk berbagai model evaluasi
  23. Menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan tingkat dan kompleksitas permasalahan anak
  24. Mengembangkan metode dan strategi pembelajaran untuk semua mata pelajaran
  25. Mengembangkan strategi penilaian dan tindak lanjut hasil penilaian yang konstruktif
  26. Mengembangkan sumber dan bahan ajar yang kontributif bagi pencapaian kompetensi siswa
  27. Meningkatkan dan mengembangkan media pembelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaran
  28. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan sesuai dengan kebutuhan siswa
  29. Mengembangkan  sarana yang dapat menunjang kreativitas siswa sesuai dengan bakat dan minatnya

Tujuan :
  • Tahun 2012 siswa memiliki kompetensi penguasaan konsep untuk seluruh mata pelajaran secara komprehensif dan benar sehingga mampu berkompetisi ditingkat nasional dan tahun 2012 mampu berkompetisi di tingkat internasional
  • Tahun 2012 siswa mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas
  • Tahun 2012 siswa mampu membangun kebiasaan yang aktif untuk mencari informasi menggunakan teknologi informasi.
  • Tahun 2012 sekolah memiliki sarana dan prasarana penunjang PBM yang lengkap.
  • Tahun 2012 sekolah memiliki guru dan tenaga pendukung yang handal untuk mendukung seluruh manajemen sekolah.
  • Sekolah memiliki hubungan kemitraan yang baik dengan seluruh warga sekolah, stake holders dan instansi serta institusi pendukung pendidikan lainnya.
  • Siswa memiliki, mengaplikasikan dan meningkatkan nilai-nilai ketuhanan serta nilai-nilai kehidupan yang bersifat universal dalam kehidupannya.

Kepala Sekolah yang Baru


Gambar diatas adalah kepala sekolah yang lama




Alhamduliilah kepala sekolah kita berganti, semoga visi dan misi SMP Muhammadiyah 2 Yohyakarta dapat berjalan dengan lancar dan lebih baik dari yang sebelumnya, dan untuk kepala sekolah yang lama semoga menjadikan dirinya lebih berhati hati dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin ditempat lain kelak.

Beasiswa

1. [Belgium] Kuliah Master di Belgia Cuma 1 Juta
Beberapa universitas di Belgia seperti Universiteit Ghent dan Universiteit Hasselt telah menerapkan peraturan baru untuk biaya kuliah Program Master. Bagi student yang berasal dari negara-negara berkembang termasuk Indonesia, hanya diwajibkan untuk membayar uang kuliah sebesar 80 Euro pertahun untuk program Master.
Untuk informasi biaya kuliah 80 euro di Universitet Ghent dapat dilihat di halaman website:
http://www.ugent.be/en/teaching/studentadmin/tuition/overview.htm
Atau check satu per satu tuition fee utk master course di Ghent:
http://www.opleidingen.ugent.be/studiekiezer/nl/int/index.htm
Utk melihat universitas yang lain di Belgia bisa search di:
http://www.univ.cc (pilih Belgium)

2. Program Beasiswa TNI Calon Perwira Prajurit Karier Untuk Mahasiswa S1
Masih kuliah dan punya cita-cita jadi perwira TNI? Mau dapat beasiswa dan tunjangan selama menyelesaikan kuliah? Sekarang saatnya. Ayo daftar!

Tentara Nasional Indonesia memberi kesempatan kepada Mahasiswa berprestasi untuk menjadi Perwira TNI melalui Program Mahasiswa Beasiswa TNI Calon Perwira Prajurit Karier (Pa PK).

Kepada mahasiswa yang berminat, dapat mendaftarkan diri dengan syarat-syarat meliputi Warga Negara Indonesia Pria/Wanita (bukan Prajurit TNI, anggota POLRI dan PNS). Calon juga harus bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945.

Untuk Kedokteran Umum minimal sudah Sarjana Kedokteran, sedangkan S1 lainnya minimal mencapai 110 SKS dan D3 minimal mencapai 80 SKS.
IPK minimal 2,40 untuk S 1 (Kedokteran Umum), S1 lainnya 2,80 dan D3 2,70. Usia maksimal pada saat menerima tunjangan beasiswa untuk Kedokteran Umum 27 tahun, sedangkan S1 lainnya 25 tahun dan D3 23 tahun.
Calon juga harus berkelakuan baik, sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba. Tinggi badan minimal 163 cm bagi pria dan 155 cm bagi wanita. Sanggup tidak menikah selama mengikuti Program Mahasiswa Beasiswa.
Tunjangan yang diberikan Rp 750.000 per bulan dan bantuan skripsi Rp 1.000.000. Waktu mendapat tunjangan untuk Dokter Umum 4 tahun, S1 lainnya 3 tahun dan D3 2 tahun.
Setelah menyelesaikan program studi, wajib mengikuti Dikma Pa PK TNI.
Pendaftaran dibuka pada bulan Desember 2008 bertempat di Ajendam/Ajenrem/Makodim/Lantamal/Lanal/Lanud setempat/terdekat.
Penjelasan lebih rinci dapat ditanyakan di tempat pendaftaran (Panitia Daerah di tiap Provinsi) atau website www.tni.mil.id, email: sperstni@yahoo.com.
Selama proses pendaftaran tidak dipungut biaya. Gratis!

Ektrakurikuler

Kualitas tamatan sekolah kejuruan dituntut untuk memenuhi standar kompetensi dunia kerja. Salah satunya, selain mampu menguasai materi pelajaran, siswa harus dapat berinteraksi dan aktif dalam hubungan sosial.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran.
Berangkat dari pemikiran tersebut, di SMK Negeri 1 Ciamis diselenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah, kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah:
  • Pramuka
  • Paskibra
  • Palang Merah Remaja (PMR)
  • Patroli Keamanan Sekolah (PKS)
  • Pecinta Alam (PA)
  • Olahraga (Bola Voli, Bola Basket, Karate, Tenis Meja, Tenis Lapangan)
  • Kerohanian / IRMA (Ikatan Remaja Mesjid Al-Forqon), dan
  • Koperasi Sekolah (Kopsis)

Kelulusan SMP/MTs Resmi Diumumkan

Tingkat kelulusan siswa SMP/MTs di DIY 2011/2012 meningkat dibading tahun kemarin. Pada tahun ini dari 48.127 tidak lulus sebanyak 345, sementara pada tahun kemarin 48.662 tidak lulus 391.

Rata-rata terbaik diperoleh Bahasa Indonesia dan terendah Bahasa Inggris, berbanding terbalik dengan 2 tahun yang lalu dimana Bahasa Indonesia berada di peringkat terbawah.

“Barangkali ada 3 sebab yang mempengaruhi kenaikan nilai ini, yakni keprihatinan guru atau murid akan rendahnya wawasan bahasa Indonesia di tahun sebelumnya, atau bobot soal yang lebih mudah” ujar Baskara Aji, MM, Kepala Disdikpora (1/06).

Demikian, masih terdapat 345 siswa dari total 48.127 siswa SMP/MTs 2011/2012 di DIY dinyatakan tidak lulus, prosentase terbesar di kabupaten Gunungkidul, “Kami akan mengadakan analisa mengenai sekolah-sekolah yang nilainya jeblok baik dari latar belakang guru ataupun sarana-prasarana, agar bisa di treatment demi meningkatkan kualitas” lanjutnya.

Sekolah yang berada dalam daftar 20 terbawah akan menjadi bagain dari program sister school dengan sekolah lokal yang maju.

Bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus bisa memilih antara mengulang kelas XII atau mengikuti ujian paket B yang diadakan Juli mendatang.

Pantauan Disdikpora selama UN di SLB Yakatunis, terdapat 6 orang ABK yang tidak disediakan braille dan lulus semua. Diakui Kadinas, pada tahun berikutnya tetap diusahakan penyertaan soal braille agar mendapat hak yang sama.

Pengumuman kelulusan SMP/MTs akan serentak ditampilkan pada Sabtu (2/6) pukul 10.00 WIB. Seluruh jajaran Pendidikan menghimbau agar siswa tidak melakukan konvoi kendaraan bermotor.

Profil Awal SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta


Hei Guys, selamat datang di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, dimana ada bisa tahu bahwa sekolah Ini menjadi skolah nomor wahid di seluruh sekolah Muhammadiyah se DIY. Saat di bka pendaftaran baru, jumlahnya sangat mluap. Sampai akhirnya pihak sekolah pun memutuskan untuk merapatkan kelas 9 saat inil dari 9 kelas menjadi 8 kelas. Padahal sekolah Ini mulai mencoba menolak murid yang tidak memenuhi standar nilai.

PANDANGAN KEPALA SEKOLAH

Era globalisasi dengan segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan bila tidak ada upaya sungguh-sungguh untuk mengantisipasinya maka hal tersebut akan menjadi maslah yang sangat serius. Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan itu sendiri. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap mengakomodir tuntutan permasalahan faktual kekinian yang ada di masyarakat.